Rabu, 22 November 2017

Tinggalkan 5 Kebiasaan Buruk di Pagi Hari Ini Jika Tidak Mau Berat Badan Naik

Tinggalkan 5 Kebiasaan Buruk di Pagi Hari Ini Jika Tidak Mau Berat Badan Naik
Tanpa disadari, ternyata ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang kita lakukan ternyata bisa memicu kenaikan berat badan. Salah satunya adalah kebiasaan di pagi hari, beberapa hal yang kita lakukan secara signifikan menaikkan berat badan.

“Kesalahan paling besar yang dilakukan orang ketika ingin menurunkan berat badan yaitu mengawali hari dengan tidak tepat,” ungkap Susan Peirce Thompson, Presiden Institute for Sustainable Weight Loss.

Melansir dari laman Women’s Health, setidaknya ada 5 kebiasaan buruk di pagi hari yang sebaiknya anda tinggalkan, jika tidak mau berat badan naik. Simak penjelasannya berikut ini.

1. Tidak membuka jendela saat bangun tidur
Hal sepele seperti membuka jendela begitu kita bangun tidur, ternyata juga bisa mempengaruhi berat badan. Seseorang yang ketika bangun tidur mendapat paparan cahaya matahari, maka berat badannya akan lebih sedikit. Begitu juga sebaliknua, seseorang yang tidak mendapat sinar matahari ketika bangun tidur, maka berat badannya lebih besar.

Di dalam jurnal PLOS One mengatakan jika orang yang melakukan aktivitas di bawah paparan sinar matahari pagi selama 20 – 30 menit mempunyai indeks massa tubuh yang lebih rendah.

Nampaknya, kehadiran sinar matahari pagi mampu memberi “kode” yang berkaitan dengan metabolisme tubuh. Maka dari itu, sebaiknya anda membiasakan diri untuk membuka jendela dan melanjutkan aktivitas di bawah sinar matahari pagi.

2. Terlalu lama tidur
Kurang tidur beresiko menaikkan berat badan, begitu juga ketika anda kelebihan tidur. Seseorang yang terbiasa tidur selama 10 jam atau lebih, berisiko mempunyai indeks massa tubuh yang jauh lebih tinggi dibandingkan orang yang tidur selama 7-9 jam.

Dengan demikian, sebaiknya kita mengatur waktu tidur yang pas. Tidur 8 jam sehari adalah waktu yang proporsional. Jangan terlalu singkat, apalagi terlalu berlebihan.

3. Tidak sarapan
Ini dia kebiasaan di pagi hari yang dilakukan sebagian besar orang, terutama bagi mereka yang sibuk dengan pekerjaan. Masih banyak orang yang meninggalkan sarapan dengan berbagai macam alasannya.

Padahal, melewatkan sarapan bisa memicu kebiasaan makan buruk sepanjang hari layaknya mengidam ( craving ). Ada banyak sekali manfaat yang bisa anda dapatkan ketika sarapan. Seperti meningkatkan energi dan metabolisme tubuh sepanjang hari.

 Jika anda sampai melewatkan sarapan, maka energi akan berkurang dan anda tidak bisa produktif. Sebab anda tidak memiliki cukup banyak energi untuk melakukan beberapa aktifitas.

4.Malas untuk menimbang badan
Selanjutnya, anda harus menghilangkan kebiasaan buruk yaitu malas untuk menimbang badan. Ternyata, kebiasaan ini memiliki pengaruh yang cukup besar bagi berat badan anda.

University of Cornell mengungkapkan jika pria dan wanita yang berhasil menurunkan berat badan saat rajin menimbang berat badan di pagi hari. Seorang ahli nutrisi Lisa Jones, mengungkapkan jika menimbang berat badan setiap pagi hari cenderung membuahkan hasil akurat. Sebab, akan lebih memberi motivasi untuk seseorang dalam menjaga asupan makanan ataupun berolahraga.

5.Tidak merapikan tempat tidur
Boleh percaya ataupun tidak, seseorang yang rajin merapikan tempat tidurnya mempunyai berat badan yang jauh lebih rendah daripada yang malas untuk merapikan. Hal ini diungkapkan penulis The Power of Habit, Charles Duhigg.

Demikianlah 5 kebiasaan di pagi hari yang bisa memicu naiknya berat badan. Jika anda saat ini sedang berencana untuk menurunkan berat badan, sebaiknya tinggalkan semua kebiasan buruk di atas.

Yang terpenting, jangan meninggalkan sarapan di pagi hari. Dampaknya akan sangat bermanfaat bagi kegiatan harian anda.

6 komentar:

Silahkan berkomentar jika ada pertanyaan seputar topik pembahasan diatas.
Dilarang Keras!!!:
1. No Spam
2. Jangan sisipkan link aktif
3. Komentar berbau sara
Langsung saya hapus!!!