Minggu, 19 November 2017

6 Gejala yang Menjadi Tanda Kolesterol di Dalam Tubuh Tinggi

6 Gejala yang Menjadi Tanda Kolesterol di Dalam Tubuh Tinggi
Pola makan tidak sehat yang kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari mudah untuk memicu terjadinya berbagai gangguan kesehatan, salah satunya adalah kadar kolesterol tinggi. Penyakit ini bukan hanya menyerang orang tua saja, namun anak-anak muda juga bisa terkena kolesterol.

Apa sajakah tanda-tandanya?.

Melansir dari laman Step to Health, kolesterol dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi beberapa jenis hormon dan empedu. Meskipun demikian, kadar kolesterol yang terlalu tinggi bisa memicu terjadinya penyakit, seperti hipertensi, arteriosklerosis dan gagal ginjal.

Sayangnya, masih banyak orang yang tak sadar jika dirinya mempunyai kadar kolesterol tinggi. Berikut, adalah beberapa gejala kolesterol tinggi.

1. Halitosis
Bau napas atau yang lebih dikenal dengan sebutan halitosis adalah gejala paling umum yang dialami oleh orang dengan kadar kolesterol tinggi.
Karena zat ini akan disekresikan di dalam hati, banyaknya kadar kolesterol memicu gangguan serius pada pencernaan. Kondisi ini akan menyebabkan bau tidak sedap dan kekeringan di mulut.

2.Nyeri dada
Nyeri pada dada adalah gejala kolesterol tinggi yang sangat mudah untuk dikenali. Walaupun ada berbagai penyakit yang berkaitan dengan terjadinya nyeri dada, namun kasus terbanyak yaitu akibat kolesterol tinggi.

Kondisi ini bisa saja terjadi dikarenakan tumpukan lemak di arteri mengganggu aliran darah. Tidak hanya kolesterol, nyeri dadan bisa juga dikarenakan hipertensi.

3.Mengalami mati rasa dan bengkak di anggota badan tertentu
Ciri-ciri anda mengalami kadar kolesterol tinggi selanjutnya adalah terjadinya mati rasa dan bengkak di anggota badan. Hal ini bisa terjadi sebab akumulasi lipid akan menyumbat sirkulasi darah.

Akibatnya, pengiriman nutrisi dan oksigen menuju ke otot akan berkurang. Maka dari itu, ketika anda mengalami gejala ini, bisa berkonsultasi ke dokter untuk pencegahan diri.

4. Sembelit
Terjadinya penumpukan lipid di dalam arteri bisa juga memberi efek pada sistem pencernaan, salah satunya adalah sembelit. Kondisi semacam ini mungkin bisa terjadi dikarenakan beberapa faktor, namun salah satunya dapat disebabkan oleh kadar kolesterol di dalam tubuh yang tidak terkendali.
Maka dari itu, mulai sekarang jangan menyepelekan gejala kolesterol tinggi ini.

5. Kelemahan dan keletihan kronis
Perasaan kelelahan, lemah, dan keinginan untuk tidur pada jam-jam yang tidak biasanya, perlu anda perhatikan. Ada beberapa faktor yang menyebabkan kondisi ini terjadi, seperti terlalu banyak aktivitas fisik, nutrisi buruk, maupun adanya penyakit tertentu.

Namun, anda harus waspada. Kondisi yang tidak lazim ini merupakan salah satu tanda tingginya kolesterol di dalam tubuh anda.
Mungkin saja hal ini sering dialami oleh orang yang hobi mengkonsumsi makanan kurang sehat. Gejala kolesterol ini membuat aktifitas harian menjadi terganggu, karena tubuh merasa sangat berat setiap kali ingin melakukan suatu hal.

6. Sakit kepala dan pusing
Tingginya kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh, bisa juga mengendap pada arteri. Jika hal ini sudah terjadi, maka akan memberikan gangguan sirkulasi oksigen dan darah pada sel. Akibatnya sakit kepala dan pusing akan sering dialami oleh seseorang.

Jika anda sudah merasakan gejala-gejala di atas, mulai sekarang cobalah untuk menerapkan pola hidup sehat. Perbanyak konsumsi buah-buahan, sayur dan kacang-kacangan. Beberapa makanan tersebut akan menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

Jangan lupa juga, untuk membiasakan diri supaya rutin melakukan olahraga. Dengan demikian, maka kolesterol di dalam tubuh bisa diturunkan secara efektif. Jauhi pula beberapa makanan yang mudah memicu tingginya kadar kolesterol.

1 komentar:

Silahkan berkomentar jika ada pertanyaan seputar topik pembahasan diatas.
Dilarang Keras!!!:
1. No Spam
2. Jangan sisipkan link aktif
3. Komentar berbau sara
Langsung saya hapus!!!