Minggu, 19 November 2017

5 Gejala Aneh yang Tanpa Disadari Menjadi Tanda Seseorang Mengalami Stres

5 Gejala Aneh yang Tanpa Disadari Menjadi Tanda Seseorang Mengalami Stres
Pada umumnya, seseorang pasti akan menyadari apakah dia sedang mengalami stres ataupun tidak. Ada beberapa tanda yang bisa dikenali, seperti sulit tidur, rasa cemas, sulit konsentrasi, dan juga tegang. Meskipun demikian, ada saatnya ketika merasa stress anda tidak bisa menyadarinya.

Tentu hal ini sangat membingungkan dan mengganggu. Karena tanpa sadar ternyata kita sedang dalam kondisi stress. Aktivitas sehari-hari bisa saja terganggu, karena berjalan kurang maksimal akibat stress.

Seperti yang dilansir dari Huffington Post, Jumat (1701102017). Berikut ini adalah 7 tanda stress yang tidak terduga atau tak biasa.

1. Tiba-tiba berubah menjadi pendiam
Stress bisa saja membuat seseorang menjadi impulsif, karena stres akan mempengaruhi bagian otak yang mengendalikan tingkah laku. Namun, hal ini bisa juga sebaliknya, stres akan membuat anda kehilangan rasa percaya diri. Gejala seperti ini biasanya terlihat saat di tempat kerja.

Sebuah studi yang diterbitkan pada Neurocase menemukan sebuah fakta. Ketika seseorang menonton film yang memicu stres dalam waktu 30 menit saja, hal ini bisa membuatnya mengalami kesulitan ketika harus menyelesaikan tugas yang berisi kata-kata sulit. Hal ini tidak berlaku, jika anda menonton sesuatu yang ringan.

2. Mudah terkena penyakit
Ketika anda sedang merasa stres, maka imunitas tubuh akan menurun. Hal ini akan membuat tubuh kehilangan kemampuannya dalam mempertahankan diri dari serangan virus-virus yang terus bermunculan di sekitar.

Sebuah penelitian dalam Proceedings of the National Academy of Sciences mengungkapkan, seseorang yang mengalami stres 2x lebih mudah tertular flu, daripada mereka yang tidak stres.

Orang-orang yang mengalami stres juga akan memproduksi komponen pemicu inflamasi saat sistem mereka berhasil dimasuki virus. Kondisi ini membuat flu dan bersin menjadi lebih buruk.

3.Mengalami kesemutan di tangan dan lengan
Dokter spesialis penyakit dalam di New York, Holly Phillips, MD, mengungkapkan jika masalah yang umum dialami wanita yang mengalami stress yaitu ketegangan di bagian pundak dan leher.

Ketika mengalami stres major, maka stres tersebut dapat berlanjut kepada penekanan pada kumpulan saraf tertentu di bagian lengan. Akibatnya, menimbulkan kesemutan dan mati rasa.

“Membungkuk di depan komputer serta menggenggam ponsel selama berjam-jam dalam sehari, hal ini mampu membuat kondisi stress semakin buruk,” ujar Phillips.

“Telinga kita seharusnya tepat di atas bahu, akan tetapi dengan posisi ini, kuping menjadi beberapa sentimeter berada di depan bahu. Dengan posisi ini menyebabkan nyeri dan sangat janggal.”

4.Mendengar suara aneh yang hanya anda dengar sendiri
Mungkin masih belum banyak disadari, ketika anda sering mendengar suara-suara aneh bisa menjadi pertanda jika anda mengalami stres. Suarang tadi berupa berdering, berdengung, berderu, atau detakan. Hal ini dinamakan tinnitus.

BMC Public Health melaporkan jika orang-orang yang baru pindah kerja atau cemas kehilangan pekerjaan kemungkikan besar akan mengalami tinnitus ini.

5. Pola buang air yang berubah
Direktur Center on Stress and Health di Stanford School of Medicine, David Spiegel, MD, menuturkan jika sistem pencernaan seseorang bisa berhenti, disebabkan tubuh berusaha mengarahkan energi menuju sistem dan organ-organ lain yang membantunya bertahan.

Akan tetapi, kondisi ini bisa juga sebaliknya. Sebab ada penelitian lain yang mengungkapkan jika orang stres dapat mengalami diare akiba senyawa CRF yang dilepas otak ketika mengalami stres.
Usus seseorang sebelumnya sudah dipenuhi senyawa ini. Pelepasan ekstra bisa membuat pencernaan terlalu lancar.

2 komentar:

Silahkan berkomentar jika ada pertanyaan seputar topik pembahasan diatas.
Dilarang Keras!!!:
1. No Spam
2. Jangan sisipkan link aktif
3. Komentar berbau sara
Langsung saya hapus!!!