Kamis, 27 Juli 2017

Apa saja ciri sosiologi sebagai sebuah ilmu

Sosiologi adalah ilmu yang merupakan ilmu sosial yang objeknya adalah masyarakat. Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang berdiri sendiri karena telah memenuhi segenap unsur-unsur ilmu pengetahuan.

Apa saja ciri sosiologi sebagai sebuah ilmu
Adapun ciri-ciri sosiologi, yaitu:
  • Sosiologi bersifat empiris, berarti bahwa ilmu pengetahuan tersebut didasarkan pada observasi terhadap kenyataan dan akal sehat serta hasilnya tidak bersifat spekulatif.
  • Sosiologi bersifat teoritis, yaitu ilmu pengetahuan tersebut selalu berusaha untuk menyusun abstraksi dari hasil-hasil observasi. Abstraksi tersebut merupakan kerangka unsur-unsur yang tersusun secara logis serta bertujuan untuk menjelaskan hubungan-hubungan sebab akibat sehingga menjadi teori.
  • Sosiologi bersifat kumulatif yang berarti bahwa teori-teori sosiologi dibentuk atas dasar teori-teori yang sudah ada dalam arti memperbaiki, memperluas, serta memperhalus teori-teori yang sudah ada.
  • Bersifat nonetis , yaitu teori yang dipersoalkan bukanlah buruk baiknya fakta tertentu saja, akan tetapi untuk menjelaskan fakta tersebut secara analitis.
Setiap ilmu mempunyai karakteristik yang khusus, demikian juga dengan sosiologi. Menurut Harry M.Johnson dalam bukunya "Sosiology: A Systemaic Introduction: (1967)", karakteristik keilmuan sosiologi itu adalah sebagai berikut:
  1. Sosiologi bersifat empiris, artinya sosiologi itu mendasarkan diri pada observasi dan penalaran, bukan atas dasar wahyu atau spekulasi.
  2. Sosiologi bersifat teoritis, artinya sosiologi berusaha memberi ikhtiar yang menunjukan hubungan pernyataan atau proposisi-proposisi secara logis.
  3. Sosiologi bersifat komulatif, artinya teori-teori sosiologi dibangun atas dasar teori yang sudah ada. Teori-teori baru yang lebih benar dan lebih luas merupakan penyempurnaan teori-teori yang sudah ada.
  4. Sosiologi bukan etika, artinya sosiologi bukan ajaran tentang tata susila. Para sosiologi tidak membicarakan apakah suatu tingkah laku sosial itu baik atau buruk. Tugas seorang sosiologi adalah mengungkap atau menerangkan tindakan sosial sebagai fakta sosial.
Adapun menurut sosiolog Inggris Spencer dalam bukunya Principles Of Sosiology, sosiologi adalah penyelidikan tentang susunan-susunan dan proses-proses kehidupan sosial sebagai suatu keseluruhan. Spencer membagi objek sosiologi menjadi dua bagian, yaitu:
A. Social static, susunan yang bersifat statis.
B. Social dynamic, proses-proses yang bersifat dinamis.

Sosiologi dipandang sangat penting dan efektif dalam mencari, menemukan, dan menjelaskan gejala-gejala yang ada dalam masyarakat. Munculnya cabang-cabang sosiologi yang lahir dari proses saling mengisi antara sosiologi dengan ilmu-ilmu yang lain. Dalam perkembangannya muncul cabang-cabang baru dari sosiologi, yaitu sosiologi budaya, sosiologi industri, sosiologi masyarakat perkotaan, sosiologi masyarakat pedesaan, sosiologi pariwisata, dan sosiologi pembangunan. Dalam kehidupan di masyarakat terhadap beragam gejala sosial yang menarik untuk dicermati.

Artikel Terkait

Seseorang blogger pemula masih baru dalam menekuni dunia blogging, Yang tujuanya jelas dalam menulis blog.

1 komentar so far

Silahkan berkomentar jika ada pertanyaan seputar topik pembahasan diatas.
Dilarang Keras!!!:
1. No Spam
2. Jangan sisipkan link aktif
3. Komentar berbau sara
Langsung saya hapus!!!
EmoticonEmoticon